15 Mei 2008

PEMBUATAN ANGGUR SARI BUAH NANAS

I. PENDAHULUAN

Yang sesungguhnya anggur/wine adalah suatu minuman beralkohol yang rasanya manis, berbau harum dan dibuat dengan cara fermentasi cari buah anggur oleh suatu mikroorganisme, yaitu ragi (yeast) dari jenis Saccharomyces cerevisiae. Wine selain dari buah anggur dapat pula dibuat dari sari buah-buahan yang manis seperti nanas, apel, jeruk, tomat, mangga, pepaya, pisang dll. Hasil fermentasi berbau harum karena mengandung ester dari asam yang berasal dari buah-buahan dengan alkohol.

Reaksi:

C12H22O11 + H2O → 2 C6H12O6 → 4 C2H5OH + 4 CO2

II. ALAT DAN BAHAN

· Ragi roti (Saccharomyces cerviseae)

· Buah nanas

· Kertas pH

· Blender

· Kain penyaring

· Botol fermentasi lengkap dengan tutup dan pipa U

· Botol steril dengan tutup

· Thermometer

· Panci enamel

· Pisau

· Talenan

· Kapas

· Corong

III. PROSEDUR KERJA

1. Disiapkan buah yang masak dan tidak busuk, dikupas kulitnya, dicuci bersih dan diblender

2. Ditambahkan air sebanyak 40% dari berat buah, diaduk dengan sebagian air lalu disaring melalui kain penyaring. Ampas dalam kain penyaring diperas, diaduk dengan air yang disisakan tadi dan disaring kembali.

3. Diatur pH dari saringan menjadi ± 4,5. Bila pH kurang dari 4 ditambahkan NaHCO3 dan bila lebih dari 5 ditambahkan asam sitrat.

4. Larutan sari buah dipasteurisasikan pada suhu 70 – 80 ÂșC selama 30 menit, lalu didinginkan dan secara aseptik dipindahkan ke dalam botol fermentasi yang bersih.

5. Ditambahkan ragi roti (Saccharomyces cereciseae) sebanyak 1 gram untuk 1 liter sari buah. Botol fermentasi disumbat dengan karet/gabus berpipa “U” dan ujung pipa dimasukkan ke dalam air.

6. Dibiarkan pada suhu kamar selama 15 hari. Fermentasi berlangsung bila timbul gas CO2 yang terlihat dalam air berupa gelembung udara. Fermentasi akan berlangsung terus sampai gula dalam sari buah habis.

7. Apabila fermentasi telah selesai, larutan sari buah yang telah difermentasi disaring dengan menggunakan corong yang dilapisi kapas bersih. Anggur muda ini disimpan beberapa lama pada suhu rendah untuk mendapatkan rasa dan aroma yang lebih baik. Untuk memperoleh rasa manis dapat ditambahkan gula pasir sebanyak ± 10% (100 gr per liter) anggur. Sebagai pengawet dapat ditambahkan 300 mg natrium benzoat untuk tiap liter anggur.

8. Anggur disimpan dalam botol steril dan ditutup rapat.

10 komentar:

infogue mengatakan...

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://kuliner.infogue.com/pembuatan_anggur_sari_buah_nanas

HY Sng mengatakan...

Mas yeastnya masak ragi roti apa bukan ragi tape? terus beli raginya di mana yah yang Sacharomyces tersebut?

Sochi budin mengatakan...

Wua, Mas, minta ijin ngutip blognya buad laporan praktikum ya, hehe
Makasi sebelomnya
Saya abis buat wine dari markisa, nanas, pisang, apel, timun suri, pepaya, jeruk, jambu biji, sama tomat
... rencana mao buat lagi dari sawo ama mangga, di sini lagi musim, hehe
Tapi kemaren raginya pake fermipan (^ ^), abis ga da lagi, ga tau ragi wine kayak apa en merknya apa
Ada saran untuk ragi wine?

Aminklmskl mengatakan...

boleh banget nih artikel. Minta izin copas ea gan.

Muchammad Anwar Ngalwi mengatakan...

bagus banget nich gan blognya...
aku copas ya....makasih''

Unknown mengatakan...

Mhon info spa nama NaHCO3 dipasaran? dan bila lebih dari 5 ditambahkan asam sitrat ini apa sama namanya dipasaran trs berapa ml/cc hrs ditambahkan terimakasih

Unknown mengatakan...

Bukan nya diatas tertera ragi roti bro

Unknown mengatakan...

Ragi roti

Unknown mengatakan...

Toko bahan roti banyak

Romli mengatakan...

Maksih banyak Jilbab Segi Empat Terbaru dan Grosir Jilbab Murah serta Agar Online Shop Ramai Pembeli dan Cara Pasang Iklan di Tokopedia juga Cara Mengatasi Online Shop Sepi Pembeli kemudian ada juga Cara Meningkatkan Penjualan di Lazada dan Cara Mengatasi Jualan di Tokopedia Sepi