26 Mei 2011

Pelepasan atau Penglepasan ?



Liat - liat poto yang diunduh oleh Sdri. Mayah barusan, walaupun belum menjadi polemik tetapi ada beberapa sentilan dari sdr.Tampah dan sdri. Yayi mengenai pemakaian kata Penglepasan yang tampak pada spanduk. Setelah saya cari di Kamus Besar Bahasa Indonesia online, kata penglepasan memang tidak masuk sebagai khasanah kosa kata Bahasa Indonesia. Tidak bisa dipungkiri kata tersebut memang terlanjur banyak dipakai untuk mengekspresikan perbuatan melepas atau berpisah dengan anak didik yang sudah lulus masa sekolahnya.

Mengapa bisa sampai terdapat kata Penglepasan padahal menurut kaidah penulisan kata Bahasa Indonesia yang benar pada saat kata dasar dengan awalan huruf L diberi awalan pe seharusnya tidak berubah bentuk? Mari kita lihat arti kata pelepasan dalam KBBI:
pe·le·pas·an (n)
1 proses, cara, perbuatan (hal dsb) melepas(kan);
2 pemecatan (dr tugas);
3 dubur; anus;
4 Geo pengurangan atau penghilangan awan, baik secara alami maupun secara buatan;

berawal dari arti nomor 3 di atas, Pak JS Badudu pada tahun 1989 mengusulkan agar pemakaian kata pelepasan dirubah menjadi penglepasan untuk membedakan antara pelepasan yang bermakna dubur / anus dengan yang bermakna proses melepaskan semacam wisuda. Walaupun seperti kita tahu usulan tersebut sepertinya belum mendapat persetujuan karena sampai sekarang belum terdapat kata penglepasan di dalam KBBI kita.

Dari uraian di atas, sebaiknya penggunaan kata Penglepasan jangan dipakai dulu sampai benar - benar sudah baku. Kata orang toh semisal pada saat acara wisuda terbentang spanduk MALAM PELEPASAN MAHASISWA UNIVERSITAS KUNCUP HARAPAN, semua orang paham itu artinya acara wisuda bukan berarti malam anus mahasiswa UKH.

diambil dari BloG tetangga
kiswasono.multiply.com

Apa yang terjadi kalau kata-kata tersebut dicari di Kamus Besar Bahasa Indonesia?

Penglepasan

Pelepasan

Tidak ada komentar: