26 Mei 2011

Pelepasan, Penglepasan, Perpisahan Atau Inaugurasi ?

Seorang teman beberapa hari yang lalu meminta pendapat saya tentang penggunaan kata yang lebih tepat antara PELEPASAN atau PENGLEPASAN untuk kegiatan melepas siswa kelas XII di sekolahnya. Sementara itu, di sekolah penulis sendiri – entah bagaimana awalnya – lebih senang menggunakan kata INAUGURASI untuk acara sejenis. Manakah yang lebih tepat?

Di sini saya akan mencoba untuk memaparkan makna dari masing-masing kata tersebut berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

PELEPASAN

Lema ‘pelepasan’ dalam KBBI memiliki setidaknya 3 makna yaitu :

1. proses, cara, perbuatan (hal dsb) melepas (kan)

2. pemecatan (dari tugas)

3. dubur ; anus

PENGLEPASAN

Sedangkan bentuk PENGLEPASAN dalam bahasa Indonesia tidak dikenal karena menyalahi kaidah pembentukan kata. Kata dasar berawalan huruf L apabila mendapatkan imbuhan peN-an tidak perlu berubah nasal/sengau dengan konsonan /ng/. Hal yang sama terjadi pada kata PELARIAN bukan PENGLARIAN, PELEBURAN bukan PENGLEBURAN.

PERPISAHAN

Sedangkan lema ‘perpisahan’ dalam KBBI bermakna 1) perceraian dan 2) hal berpisah. Dalam KBBI bahkan diberikan contoh kalimat penggunaan kata tersebut yaitu “Ia tampil ke depan dan mengucapkan kata sambutan pada acara perpisahan dengan teman-temannya.”

INAUGURASI

Kata inaugurasi merupakan bentuk serapan dari bahasa Inggris ‘inauguration’ yang bermakna :

1. pelantikan

2. pembukaan

Kata ‘inauguration’ diserap menjadi INAUGURASI bukan INAGURASI. Kata ini memiliki makna :

1. peresmian suatu jabatan atau kedudukan

2. pembukaan resmi (gedung dsb)

3. perkenalan resmi (mahasiswa baru).

Setelah paparan saya, saya menyarankan teman saya tersebut untuk menggunakan kata PERPISAHAN saja. Bagaimana dengan Anda ?????


diambil dari BloG tetangga

hakimbao.wordpress.com

Tidak ada komentar: